Jumat, 20 Mei 2011

Penipuan Berkedok Kursus Bahasa Inggris

Penipuan Berkedok Kursus Bahasa Inggris
 
Saya adalah seorang korban penipuan sebuah lembaga kursus bahas inggris yang bernama easy speak. Beberapa bulan yang lalu saya tertarik dengan sebuah iklan di sebuah harian ternama di kota Medan. Iklan tsb menyebutkan tentang kursus bahasa inggis yang sangat menjanjikan. Dengan tampilan iklan yang lumayan meyakinkan dan tidak main-main ukurannya, iklan itu membuat hati saya tertarik untuk ikut daftar di kursus yang menjanjikan siswanya dapat garansi belajar sampai bisa. Di situ dicantumkan nomor telepon lembaga kursus tsb. Saya pun lalu menelpon dan disuruh datang langsung ke tempatnya.
 
Esoknya saya mendatangi lembaga kursus tsb karena rasa penasaran yang mendalam. Sesampai di sana saya langsung merasa kagum dengan lembaga kursus Easy speak ini. Karena ruangannya begitu tertata rapih, resepsionisnya begitu sopan. Sambil duduk menunggu saya melihat foto-foto yang dibingkai figura indah bergambar logo-logo kota besar di Indonesia. Saya hitung ada sekitar 12 pigura. di bagian atas logo-logo itu tertulis dengan indahnya nama lembaga kursus ini, Easy Speak Medan, Easy speak Pekanbaru, Easy speak Surabaya, Easy Speak Lampung, Easy speak Semarang, Batam, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin dll. Wah, hati saya tambah terpesona melihat betapa majunya lembaga kursus ini.  
 
Tak lama saya dipanggil oleh bagian marketingya yang di Easy Speak disebut "consultan". Tak kalah menariknya bagian marketing ini. Dia menerangkan dengan panjang lebar sejarah berdirinya Easy speak dan perkembanganya yang begitu pesat. "Ibu belajar di sini berarti ibu sudah menanam investasi yang sangat berharga bagi ibu sendiri", begitu salah satu ucapan si consultan yang saya ingat. "Ibu bisa balajar kapan saja, di mana saja, tanpa harus menghafal gramer atau vocabuleri. Ibu dijamin bisa berbicara bahasa inggris dan tambah percaya diri."
 
Saya pun jadi penasaran, bagaimana mungkin saya yang hanya lulusan SMA dari daerah terpencil dan sangat sulit mengeja kata-kata asing bisa berbicara bahasa inggris kalau ikut kursus di Easy Speak ini. Lalu dengan gaya meyakinkan si konsultan mencoba menghilangkan keraguan saya. "Ibu, di sini kami sangat-sangat membatasi jumlah peserta kursus. Kami hanya membatasi studen sampai 50 orang saja. Karena kalau melebihi 50 orang, pasti akan mengganggu konsentrasi belajar. Lagipula metode belajarnya di sini adalah one-one alias satu tutor satu murid, bukan metode kelas, di mana satu guru mengajar rame-rame."
 
"Jadi peserta kursus di Easy Speak lebih intens diajar bahasa inggris dan lebih fokus," begitu kata si consultan yang mengaku bernama Dewa tsb dengan bibir manyun, pas bilang "fokus". Walaupun hati saya ragu, tapi entah kenapa saya begitu terpesona dengan gayanya yang kebarat-baratan menyampaikan presentasinya. Kalimat-kalimat bahasa Inggris dengan fasih memang sering meluncur di sela-sela presentasinya di sertai gaya bibirnya yang manyun-manyun itu.
 
Lalu saya dibawa ke sebuah ruangan yang desebutnya ruangan belajar. Di ruangan itu tertata dengan rapi beberapa meja yang berpasangan dengan dua kursi berhadap-hadapan. Dan saya lihat dua orang yang sedang terlibat kegiatan belajar mengajar. Yang satu memakai dasi dan berpakaian necis disebut oleh pak Dewa sebagai tutor Easy Speak. Sedangkan di hadapannya adalah studen Easy Speak yang sedang belajar.  
 
Wah, saya benar-benar jadi semangat ingin belajar melihat ruangannya yang mewah dan tertata rapi. Ditambah lagi guru-gurunya yang tampak berpenampilan rapi dan necis, rapi, ramah dan sopan. Dan saya, yang penasaran ingin bisa lancar berbahasa Inggris, jadi tidak ragu-ragu mengeluarkan uang sejumlah hampir sepuluh juta untuk ikut kursus di Easy Speak. Memang seluruh peserta kursus di Easy Speak harus membayar kontan di muka. Alasannya karena Easy Speak harus membayar guru-guru yang stanbay di tempat kerja walaupun tidak ada siswa yang belajar.
 
Setelah membayar dengan uang yang saya gesek dari kartu debet atm saya, saya lalu langsung dipertemukan dengan gurunya, yang sering mereka sebut tutor. Entah apa bedanya guru dan tutor di Easy Speak ini. Dengan ramah sang tutor menyambut saya dan mempersilahkan saya duduk. Lalu saya ditanyai macam-macam mengenai motiv saya belajar, tujuan saya belajar, target saya belajar, kesulitan belajar bahasa inggris dan lain-lainnya. Singkatnya saya resmi menjadi studen Easy Speak. Horeee.
 
Keesokan harinya saya langsung belajar di Easy Speak,  lembaga kursus yang boleh dibilang perestisius tsb. Tapi di pertemuan pertama, saya benar-benar terkaget-kaget melihat kemampuan si tutor. Ngomong bahasa inggrisnya tak jauh beda dengan kemampuan saya. Untuk mengucapkan satu paragraph dalam bahasa Inggris  saja butuh mikir waktu lama. Belum lagi gramernya yang saya rasa sangat janggal, walaupun saya belum begitu mahir bahasa Inggris, saya sedikit banyak tahu bagaimana menempatkan kalimat yang betul.
 
Tapi mungkin ini kebetulan guru yang pertama mengajar saya memang kurang kemampuannya berbahasa Inggris. Saya pun keesokan harinya mencoba belajar dengan tutor yang lainya dan, sama saja dengan yang pertama, jauh dari yang dijanjikan si marketing. Si marketing waktu itu mengatakan bahwa tutor-tutor di Easy speak adalah lulusan dari jurusan bahasa Inggris semua. Bahkan beberapa ada yang lulusan dari luar negri. Saya benar-benar tertipu rayuan bibir manyunnya. Karena setelah saya selidiki ke bagian resepsionisnya  ternyata semua tutornya hanya lulusan SMA saja. Saya mengurut dada dan geleng-geleng kepala.
 
Dari si receptionisnya juga saya tahu bahwa peserta kursus di Easy speak tidak dibatasi hanya sampai 50 orang saja, tapi tiap hari terus menerima pendaftaran tiada habisnya. Bahkan saya diberitahu bahwa peserta kursu di Easy Speak lebih dari 200 orang! Benar-benar manyun abis tuh marketing, bibirnya.
 
Karena kecewa dengan apa yang saya dapatkan, saya pun malas melanjutkan study di lembaga kursus yang kelihatannya mewah tsb. Beberapa hari kemudian saya mendatangi bagian marketing yang beberapa hari yang lalu berhasil membujuk saya. Tapi sayang kata petugas yang ada di Easy Speak, orang yang saya cari sedang ke Bali. Jadi saya harus menunggu sampai dia datang lagi untuk waktu yang belum bisa dipastikan. Kata si petugas yang saya temui, nanti kalau pak Dewa datang, saya akan dihubungi. Tapi sampai sekarang tidak ada sms atau telpon yang memberitahu saya tentang kedatangan makhluk ajaib itu. Begitu juga kalau saya yang telpon ke sana, selalu tidak ada jawabanyang memuaskan.
 
Karena jengkel saya pun kerap menanyakan di mana bisa bertemu pimpinannya. Tapi selalu dibilang bahwa pimpinan Easy Speak sedang di Bali dan tidak pernah datang ke Medan. Aneh.
 
Kemudian saya sibuk dengan tugas saya sehari-hari dan mencoba bersabar menghadapi situasi ini. Kebetulan tugas di kantor saya mengharuskan saya untuk bepergian dari satu kota ke kota lainya. Dan kebetulan ketika  saya ditugaskan ke Pekanbaru, di mana di situ juga ada cabang Easy Speak. Iseng punya iseng, saya pun mencoba mendatangi lembaga kursus yang tidak kalah mewahnya dengan yang di Medan. Dan saya berpura-pura ingin gabung di kursus Easy Speak cabang Pekanbaru itu. Dan pelayanan yang saya terima tidak kalah bombastisnya dengan yang saya terima di Medan. Mulai dari resepsionis sampai marketingnya sama-sama mengumbar janji gombal yang tak kalah serunya dengan yang di Medan. Dan saya sudah mencoba membuktikan kemampuan tutornya juga dengan sedikit bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Sama saja kemampuannya dengan yang di Medan. Tidak ada tanda-tanda kalau para tutor itu lulusan dari jurusan bahasa Inggris atau lulusan luar negri.
 
Dan pas saya ditugaskan ke Batam, di mana di situ juga ada cabang Easy speak, saya juga sempat berpura-pura jadi calong mangsa Easy Speak. Apa yang saya jumpai ternyata setali tiga uang. Malah resepsionisnya juga mengungkapkan bahwa para tutor Easy Speak tidak ada yang lulusan dari luar negri atau lulusan bahasa Inggris. Semuanya lulusan SMA. Paling banter sarjana, itu pun dari jurusan yang tidak ada hubungannya dengan bahasa Inggris. Malah ada tutor yang mantan TKW yang cuma kebetulan bisa berbahasa Inggris. Bahasa Ingggris ala Tarzan tentunya.
 
Seperti juga di Batam dan di kota-kota yang pernah saya singgahi, seperti Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Samarinda dll, lembaga kursus Easy Speak juga memasang iklan di harian lokal secara kontinyu, setiap hari, tanpa mengenal berhenti. Dan ukuran iklannya pun saya kira lumyan mahal karena ukurannya yang cukup besar. Dan pas di Batam saya sempat mencoba menuliskan uneg-uneg saya tentang Easy Speak ini di sebuah harian lokal. Tapi sampai sekarang tidak pernah diterbitkan. Mungkin karena Easy Speak sudah memberikan kontribusi yang lumayan untuk harian itu lewat iklannya yang tiada putus.
 
Setelah saya perhatikan ternyata lembaga kursus ini bukanlah lembaga kursus yang bersifat manusiawi atau mendidik. Easy Speak berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai cara baik halal maupun tidak halal untuk menjaring mangsa supaya sudi mengucurkan dana yang jumlahnya minimal 5 juta rupiah per siswa. Sebuah perusahaan yang besar dan punya cabang di mana-mana mustinya punya badan usaha PT (perseroan terbatas) tapi Easy Speak walaupun punya cabang di 12 kota, masih menggunakan CV untuk badan usahanya. Hal ini saya kira untuk mengelabui pajak yang harus disetorkan ke pemerintah.
 
Easy Speak hanya mengandalkan penampilan gedungnya yang mentereng dari segi lokasi, mengandalkan team marketingnya yang pandai membual dan mengandalkan tutor-tutornya yang berpenampilan necis, berdasi dan bersepatu klimis. Sementara bila kita hadapi kemampuan mereka berbahasa Inggris, sungguh-sungguh memprihatinkan. Kwalitas pengajarannya bisa dibilang lebih rendah dari bimbel-bimbel yang ada di perumahan-perumahan. Dan ketika saya survey di cabang-cabang Easy Speak, semua yang dialami siswanya hampir sama dengan yang saya alami. Mereka kecewa berat dengan apa yang mereka dapatkan. Kursus di Easy Speak hanya cocok untuk anak-anak SD ke bawah, bukan untuk semua tingkatan seperti yang dijanjikan.
 
Jika anda ingin kursus bahasa Inggris, lebih baik mengambil lembaga kursus yang biasa-biasa saja dan tidak menjanjikan iming-iming yang menggiurkan. Biayanya lebih murah dan bisa dicicil. Di Easy Speak, anda harus membayar kontan dan bila anda tidak puas dengan kwalitasnya, anda tidak bisa minta uang anda kembali seperti yang saya alami.
 
Tolong sebarkan email ini ke semua orang yang anda kenal maupun tidak anda kenal supaya tidak menjadi korban akal-akalan lembaga kursus yang bernama Easy Speak ini. Karena bila anda mencoba menuliskan uneg-uneg anda di surat kabar pasti tidak akan dimuat, karena Easy Speak rajin memasang iklan di harian yang akan anda kirimi uneg-uneg tsb.
 
Salam

167 komentar:

  1. Selamat SiaNG mba,,

    kemarin saya nelpon ke easy speak bandung untuk bertanya- tanya. Dari pihak easy speak nya (ibu Nina) nyuruh saya untuk datang langsung ke tempat kursus nya untuk dijelaskan lebih lanjut dan beliau minta no hp saya untuk dihubungi. Dari awal saya sudah heran, kenapa easy speak terus nelpon saya dengan meminta saya datang ke tempat kursusnya, bila saya berhalangan Ibu Nina menelepon saya beberapa hari kemudian. Setiap saya bertanya berapa biaya untuk ikut kursus ini kata beliau nanti di jelaskan waktu saya datang kesana, harga tergantung kebutuhan peserta kata Ibu Nina saat di telpon. Easy speak tidak mentarget brapa biaya nya. Sampai sekarang pun Ibu Nina dengan "Semangat" nya meminta saya datang ke tempat kursusnya. Untung sebelumnya saya membaca postingan dari Mba,,

    Terima Kasih Mba,,

    Rizkya - Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini salah satu kompetisi yang dipakai Perusahaan lain di bidang yang sama,cuma sayang dengan menyebarkan fitnah2 ini dengan sekuat apapun tetap akan berlaku hukum karma,semakin menjelekan akan lebih jatuh

      Hapus
    2. Sekedar sharing juga gan. Sekarang ini jika ingin tambah pintar, tak harus repot kursus di tempat-tempat kursus.
      Karena ada kursus online sebagai alternatifnya, jadi hanya tinggal duduk di rumah tak perlu harus pergi ke luar rumah. Bahkan bersertifikat resmi dan diakui. Info ini bersumber dari Sekolah Pintar, yang sedang menyelenggarakan Lomba Kontes SEO 2015.
      Informasi selengkapnya tentang kursus online ini, silakan
      KLIK DISINI>> Kursus Online Bersertifikat di Indonesia

      Hapus
    3. Tele kucing pke insyallah segala.....

      Hapus
    4. Tele kucing pke insyallah segala.....

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. kita harus berhati hati berarti karena penipuan sdh semakin canggih saja.

      Jasa Bersih Rumah Bekasi

      Hapus
    7. Jika dilihat susunan Perlengkapan Bayi Murah baru bermunculan yang mesti dibeli memang sangat tidak sedikit jumlahnya. Namun dari sekian banyaknya barang yang butuh dibeli, kita sebenarnya dapat mengurangi pembelian sebanyak barang yang biasa diperoleh dari kado. Umumnya kado yang diserahkan kepada bayi baru bermunculan adalah:

      Perlengkapan mandi bayi laksana handuk, sabun, bedak bayi, dan sejenisnya.
      Gendongan bayi.
      Selimut bayi.
      Tas khusus guna membawa sekian banyak perlengkapan bayi.
      Serung tangan, kaos kaki, dan sepatu bayi.
      Sudah siap melakukan pembelian perlengkapan jelang persalinan berbekal checklist perangkat bayi baru bermunculan di atas? Apa menurut keterangan dari Anda ada perangkat yang butuh ditambahkan?

      Sewa Kantor Bandung – MY OFFICE 18 ialah sebuah layanan penyedia jasa sewa kantor di kota Bandung yang paling sesuai bagi kamu yang membutuhkan perkantoran guna menjalankan usaha anda. Jika kamu mencari ruang kantor dengan desain yang profesional dan bisa menjadi representasi positif dari usaha kamu maka MY OFFICE 18 ialah solusi guna anda.

      Ada sejumlah type ruang dari layanan sewa kantor kami yang bisa kamu pilih:

      Unit 15 meter persegi
      Uni 15 meter persegi + Mezzanine
      Unit 30 meter persegi, dan
      Unit 60 meter persegi

      Hapus
    8. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang metode cuci sofa yang mereka gunakan, disarankan untuk menghubungi Grades Home Cleaning langsung dan menanyakan prosedur dan teknik yang mereka terapkan.

      Namun, dalam umumnya, beberapa metode tambahan yang dapat digunakan untuk membersihkan sofa antara lain:

      Menggunakan pembersih uap: Pembersih uap dapat digunakan untuk membersihkan sofa dengan menghasilkan uap panas yang membantu menghilangkan kotoran, noda, dan bau yang tertanam dalam serat sofa. Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang disediakan oleh pembersih uap dan memperhatikan batasan penggunaan pada jenis bahan sofa tertentu.

      Menyewa profesional perawatan sofa: Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk membersihkan sofa sendiri, menyewa layanan profesional perawatan sofa dapat menjadi pilihan yang baik. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk membersihkan dan merawat sofa Anda dengan aman dan efektif.

      Membersihkan secara teratur: Penting untuk menjaga kebersihan sofa dengan membersihkannya secara teratur. Hal ini dapat melibatkan menghapus debu dengan sikat lembut atau menyeka sofa dengan kain lembab setiap minggu. Dengan menjaga kebersihan secara rutin, Anda dapat mencegah penumpukan kotoran yang sulit dihilangkan dan memperpanjang umur sofa.
      "Kunjungi juga: cuci sofa Jogja

      "Kunjungi juga: cuci springbed Jogja

      "Kunjungi juga: cuci jok mobil Jogja

      "Kunjungi juga: cuci karpet Jogja


      Harap diingat bahwa metode cuci sofa yang tepat tergantung pada jenis bahan, instruksi perawatan dari produsen, dan tingkat kekotoran sofa tersebut. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan yang lebih spesifik tentang cara membersihkan sofa Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan sofa atau menghubungi Grades Home Cleaning untuk informasi yang lebih akurat dan terkini.

      Hapus
  2. hmmm...kyanya yang bkin postingan ni TENDENSIUS sekali, jgn2 cman modusnya dr kmpetitor ES. he..he

    Regards,
    Irwan

    BalasHapus
  3. saya baru aja mau les disana udah catet no sama alamatnya baca artikel ini jadi mikir2 lagi -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Easy Speak Sudah Berdiri Tahun 2007 jika Easy Speak Sudah merugikan banyak pihak mungkin Lembaga ini tidak bisa bertahan lama..... Justru karena Blog ini banyak orang penasaran ....apa iya seperti penulis Blog ini....Puji Tuhan Student EASY SPEAK semakin banyak....dan kami tetap berdiri

      Hapus
    2. jiakakakakak suram kali lo brai,,,ketahuan kali lo...lo..lo..pade cuma mau dapet bantuan dari pemerintah setaon sekali.. mulai dari 30 jt sampe 50 jt.lom lagi dari orang2 yang dah lo tipu,hidup cuma sekali brai jadi marilah kita tipu semua orang brai,,wkwkwkkwk

      Hapus
    3. Saya murid easyspeak pekanbaru. easy speak disini tutup 3 bulan tiba tiba buka lagi tapi tutornya tinggal 5 atau 4 gitu dan belajarnya bukan one on one tapi bisa jadi berlima atau lebih

      Hapus
    4. saya dan teman saya murid easy speak samarinda. kami mendaftar bln november 2015. baru 1 kali pertemuan tiba2 easy speak tutup. saya telpon ke easy speak samarinda tidak ada jawaban. smp saya telpon ke easy speak yg di bali. jg tidak diangkat. terus nasib kami giman dong. apa emang easy speak ini emang penipuan yang berkedok lembaga kursus ya???...

      Hapus
    5. Saya juga pernah ikut di Easy speak Samarinda. Iklan besar membuat tertarik. Bayar kontan 8juta. Baru dua kali pertemuan saya udah malas dan menyesal tapi apa mau dikata nasi dah jadi bubur. Pengajarnya tak lebih baik dari kita. Saat ini rasanya udah tak ada lagi di Samarinda . Tutup sdh lembaga konyol ini.

      Saya tertarik komentar setelah secara kebetulan membaca blog mba ini.

      adelftahir@gmail.com

      Hapus
  4. Waduh.. untung baca artikel ini dulu... tadinya udah mau ke kantornya.
    Tks ya mba atas artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Easy Speak Sudah Berdiri Tahun 2007 jika Easy Speak Sudah merugikan banyak pihak mungkin Lembaga ini tidak bisa bertahan lama..... Justru karena Blog ini banyak orang penasaran ....apa iya seperti penulis Blog ini....Puji Tuhan Student EASY SPEAK semakin banyak....dan kami tetap berdiri

      Hapus
    2. Gimana nih easy Speak cabang Daan Mogot Jakarta tutup begitu saja. uang les anak saya sisanya apakah di kembalikan?. kok hilang begitu saja.?. daro global Bahasa menganti nama menjadi EASY SPEAK

      Hapus
    3. Modusnya memang begitu, sering ganti nama.

      Hapus
    4. Sy jg anggota easy speka mksr,sejak sept 2015 sy off krn ikut training ke belanda,plg kemksr lg easy speakx sdh pindah..tanpa pemberitahuan kepda member..sy cb tlp dan hub lwt email tdk ada jwban..apakah ini yg nmx lmbaga kursus yg baik..kl profesional mestinya member diinfokan pindah kantor dilokasi yg mn,sehingga qt bs melanjutkan kursusx..sdh byr 12 juta hilang bgtu sj..mn tanggung jwb dr easy speak trsb!!

      Hapus
  5. Thnks bgt mbk,
    Saya jg d tlpin sama mbk nina mulu wkt dlu, cz krna saya org yg cukup sibuk jd gk ada wkt bwt ke sana.
    untung aja baca dlu.
    alhamdulillah gk ketipu.


    thnks bgt y mbk

    Regards

    Gin

    BalasHapus
  6. klo mau tau tentang EASY SPEAK, jangan lihat dan baca postingan yg kyk gini. Cari website resmi EASY SPEAK nya yg asli. :)

    BalasHapus
  7. Saya seorang guru Bahasa Inggris native speaker dan dari apa yang saya lihat orang Indonesia suka cari tempat kursus B.Inggris berdasarkan tampilan luarnya/fasilitasnya, kecemerlangannya tempat, dari nama yang terkenal ataupun dari janji2 yang diberikan oleh pihak marketing. Pertama, tidak ada yang bisa kasih garansi soal jangka waktu yang diperlukan untuk menjadi fasih berbahasa Inggris, karena semua orang beda dan tergantung sifat pelajar masing2. Kedua, tidak ada yang bisa garansi bahwa kamu akan bisa berbahasa Inggris/akan fasih. Kenapa? Karena sekali lagi tergantung orang masing2. Kalau seorang pelajar tidak bermotivasi dan tidak punya kemauan untuk belajar dan maju (hanya ingin cara yang cepat dan gampang) dia tidak akan bisa berbahasa Inggris. Semua kembali ke kita sendiri, kalau kita punya motivasi dan kemauan dan kitanya memang berusaha untuk memaju dalam satu hal, kita pasti akan bisa. Tapi itu hanya satu sisi dari persamaannya. Sisi kedua akan dari pihak tempat les. Kalau mau jadi fasih dalam berbahasa Inggris tempat les kita harus memenuhi beberapa faktor, yaitu guru native speaker, metode pengajaran komunikatif dan kelas bersama orang lain (2-8 orang) bukan hanya satu murid sama gurunya. Mending cari tempat les yang agak tidak terkenal karena disana kadang pelajarnya lebih sedikit jadi mereka bisa lebih fokus ke pelajar masing2, biayanya lebih murah karena mereka tidak jual nama, dan kita bisa bayar per bulan daripada bayar dimuka langsung tanpa tahu tempatnya bagus atau nggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. But remember, not all native speakers are native English teachers, ... not all clever people can teach the others, so the best way for learning is to find the best teacher.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Jay's English Club. Jangan lihat penampilan suatu kursus atau sekolah. Di Medan ada beberapa kursus dan guru privat bahasa Inggris berkualitas. Kekurangan kursus dan guru-guru ini adalah promosi yang kurang dan tidak gencar. Tidak seperti kursus-kursus yang rajin promosi dan memiliki tempat yang mentereng tapi miskin kualitas.

      Hapus
    3. Pak arya swarga ngerti artinya native ngga sih? Ketika dia berbicara tentang kursus bhs inggris dan gurunya lebih baik native, ya berarti guru tersebut otomatis yg dimaksud adalah native speaker bhs inggris. Wong dari awal komennya ngomongin bahasa inggris berkali2 brati ya yg dimaksud org inggris, us, aussie, dll yg bahasa ibunya bhs inggris. Paham?

      Hapus
    4. Mba kebo nih yang gagal paham tampak nya.

      Maksudnya pak swarga, Ga Semua penutur asli (b. Inggris) bisa Jadi guru bahasa Inggris meskipun dia pintar.


      Jadi keyakinan word nya di kata teacher Mba bukan native.

      Hapus
  8. Hal yang serupa saya alami juga seperti mbak Rizkya. Namun bedanya adalah saya mengunjungi Easy Speak yg ada diBandung. Saya juga bertemu dengan Ibu Nina... memang dari segi marketing sangat menjanjikan sekali tetapi begitu mendengar nominal biaya yang harus dibayarkan saya menjadi urung. Mengingat jaminannnya hanyalah student bisa belajar bahasa inggris dengan waktu flesible saja, tidak ada pengembalian uang yg sudah dibayarkan. Itu tidaklah sebanding dengan nominal yang harus dikeluarkan. Toh belajar di tempat lain juga sama saja bila bisa melakukan negosiasi.

    setelah saya mengurungkan niat saya, pihak ES ini sangat gencar sekali menelepon saya untuk mengubah keputusan saya (dengan mengurangi beban jam belajar sehingga biaya bs diminimalisir) dan datang kembali dan Saya dengan tegas mengatakan tidak akan bgabung.
    Setelah beberapa bulan...tepatnya Jumat kemarin 9 Mei 2014, ada seseorang mengaku bernama Bambang, salah 1 tutor dr ES Bandung menawarkan services untuk membimbing saya belajar bahasa inggris untuk toefl, dkknya sesuai dengan kebutuhan saya dengan biaya yang relatif sangat murah (lebih murah drpd ES). Awalnya saya bingung kenapa ada nomor asing bisa mengetahui no HP saya. Usut diusut setelah saya mengobrol dan mencari tahu, Bambang ini mengambil data saya dari database ES. Hal yang menjadi pemikiran (negatif) saya adalah dia mencuri database untuk memperoleh tambahan penghasilan atau bisa jadi lembaga ES menjual/memberikan begitu saja data2 orang yang gagal menjadi calon studentnya. Ketika hal ini Saya ungkapkan kepada Bambang, dia bgtu marah sekali dan memblokir nomor saya shg saya tdk bs mengkontak dia kembali.

    Hal yang menjadi perhatian saya disini bukanlah niat baik Bambang. Tetapi kebocoran database pihak ES. Hal yang saya khawatirkan adalah bila data ini disalah gunakan misalnya untuk penipuan. Saya berharap teman2/saudara2 berhati2 dalam memberikan data pribadi. Ini harus menjadi pembelajaran untuk kita semua. Ada sedikit keinginan bagi saya untuk kembali kesana hanya untuk mengkonformasi apakah benar Bambang adalah salah 1tutor ES Bandung, dan kenapa data saya bisa diberikan begitu saja untuk selfmarketing secara pribadi oleh Bambang dgn mengatas namakan ES.

    Penemuan salah satu artikel ini dan memberikan komentar disini adalah langkah awal saya dalam menyikapi "kejadian" yang baru saya alami kemarin.

    Terimakasih. Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi pembelajaran dan bahan pertimbangan bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims ya.. saya mau nanya2 ke easy speak yg di pasundan.. jadi males tau fakta lapangan seperti ini

      Hapus
    2. Jadilah pembaca yang cerdas, jelas sekali begitu tendensius & jahat, ini adalah marketing jahat dari pesaing. Easy Speak menjadi pesaing yang sangat kuat krn memiliki metode pembelajaran yg sangat efektif (one on one), sesuai kebutuhan, materi silabus/non silabus (persiapan TOEFL, conversation etc), waktu yg sangat fleksibel (student tentukan sendiri), & biaya yg tdk semahal tmpt kursus yg lain, itulah kenapa dibuat blog ini, krn Easy Speak mengancam bisnis kursus Bahasa Inggris yg lain. Jadilah pembaca yg bijak, jangan terjebak marketing jahat. Easy Speak telah membuktikan kualitasnya sejak sekitar 4 tahun yg lalu dengan memiliki ratusan hingga ribuan student di setiap cabangnya. Cek faktanya di www(dot)EasySpeak(dot)co(dot)id.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. Alhamdulillah Sy Membaca Artikel Ini ...

    Thanks ...


    Regards
    Yulia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Siang,
      Ingin belajar di Kampung Bahasa Inggris?
      Tidak perlu jauh-jauh ke Pare..Cukup di IDeA Indonesia saja. Dengan mengikuti program SIP (Super Integrative Program) Kamu dijamin MAHIR berbahasa inggris HANYA DALAM WAKTU 4 BULAN SAJA !!!. Kami GARANSI Uang Kembali 100%.
      Jika selesai program di IDeA Indonesia, Kamu PASTI lancar dalam komunikasi dan tulis Bahasa Inggris.
      Buktikan sekarang juga,,,!!!
      Untuk info lebih lanjut silahkan klik http://ideaindonesia.com/english-mastering-program/

      atau Hubungi 085669969851

      Hapus
  10. Well, guyz ... apapun itu bentuknya seharusnya niat pengelola kursus bahasa itu adalah sebagai pengajar juga sekaligus pendidik.

    Maaf sebelumnya, saya sudah menjadi guru privat bahasa Inggris di kota saya lebih dari 15 tahun, banyak murid yang berhasil, tapi ada juga yang gagal di tangan saya.

    Pasti selalu ada 2 sisi yang berlawanan. Murid menyalahkan guru yang gak bisa ngajar, dan guru yang menyalahkan murid karena gak ada motivasi belajar. Kalo itu terus dibahas, sampai kiamatpun gak habis-habis.

    Nah ... jadi bijak-bijaklah sebelum mengikuti kursus, mantapkan dulu motivasi anda, lalu positive thinking aja, kalau anda ragu, jangan dulu diteruskan. Logika belajar ya butuh waktu dan usaha, makanya jangan juga percaya kalau ada metode belajar bahasa Inggris super cepat dengan hipnotis misalnya. He, he he, tidak logis, kan?

    Pakai prinsip belajar dulu baru bayar ... walaupun terus terang murid yang gak bayar juga banyak lho ... tapi itulah resiko dari suatu bisnis ... salam buat semua ...

    BalasHapus
  11. Selamat Siang,
    Ingin belajar di Kampung Bahasa Inggris?
    Tidak perlu jauh-jauh ke Pare..Cukup di IDeA Indonesia saja. Dengan mengikuti program SIP (Super Integrative Program) Kamu dijamin MAHIR berbahasa inggris HANYA DALAM WAKTU 4 BULAN SAJA !!!. Kami GARANSI Uang Kembali 100%.
    Jika selesai program di IDeA Indonesia, Kamu PASTI lancar dalam komunikasi dan tulis Bahasa Inggris.
    Buktikan sekarang juga,,,!!!
    Untuk info lebih lanjut silahkan klik http://ideaindonesia.com/english-mastering-program/

    atau Hubungi 085669969851

    BalasHapus
  12. Jadilah pembaca yang cerdas, jelas sekali begitu tendensius & jahat, ini adalah marketing jahat dari pesaing. Easy Speak menjadi pesaing yang sangat kuat krn memiliki metode pembelajaran yg sangat efektif (one on one), sesuai kebutuhan, materi silabus/non silabus (persiapan TOEFL, conversation etc), waktu yg sangat fleksibel (student tentukan sendiri), & biaya yg tdk semahal tmpt kursus yg lain, itulah kenapa dibuat blog ini, krn Easy Speak mengancam bisnis kursus Bahasa Inggris yg lain. Jadilah pembaca yg bijak, jangan terjebak marketing jahat. Easy Speak telah membuktikan kualitasnya sejak berdiri sekitar 4 tahun yg lalu sudah memiliki ratusan hingga ribuan student di setiap cabangnya. Juga telah bekerja sama secara corporate dengan perusahaan-perusahaan besar seperti PT. Pertamina dan perusahaan-perusahaan lain yg mana mereka merekomendasikan perusahaan mereka di kota lain unt bekerja sama dgn kami, terbukti kualitasnya. Cek faktanya di www.EasySpeak.co.id.

    BalasHapus
  13. klo buat artikel yang berusaha menjatuhkan tapi tanpa bukti autentik jangan di percaya.. murid easy speak di setiap cabang bisa sampai ribuan,, tapi apakah mreka ada membuat artikel ini bersama2?? apa pihak easy speak pernah di gugat atas penipuan yang berkedok kursus bahasa inggris?? apa easy speak pernah mendapatkan complain dari perusahaan2 yang berkerja sama dengan pihak easy speak seperti pemerintahan kota Balikpapan/Samarinda dan PT Pertamina?? tentu saja tidak pernah,, karna untuk menjadi tutor di easy speak syaratnya minimal D3/S1 bahasa inggris.. jadi artikel yang di tulis oleh si penulis ini sama sekali tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.. apabila kita cermati seksama kata2 yang ditulis di atas sangat memiliki berbagai kejanggalan,, yang pertama bagaimana bisa hanya lulusan SMA yang mengaku dari daerah terpencil dan tidak bisa MENGEJA kata2 bahasa inggris mengetahui bahwa tutor easy speak menggunakan grammar yang salah dalam mengajarkan si penulis,, mengeja itu merupakan ilmu dasar dalam setiap bahasa, sedangkan apabila kita berbicara tentang grammar atau ilmu aturan dalam sebuah kalimat, hal itu sudah masuk ke dalam tingkat yang lebih rumit.. apakah mungkin seorang yang tidak bisa mengeja kata dalam bahasa inggris mengetahui tingkat grammar yang digunakan oleh tutor tersebut salah?? saya rasa mustahil.. jadi kepada para pembaca tolong jangan langsung percaya dengan apa yang ditulis oleh seseorang tanpa menyertakan bukti2 yang authentik karna hal ini sama saja dengan memfitnah dan berusaha menjatuhkan usaha bisnis orang lain.. sekian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  14. setuju... jadilah pembaca yang teliti, saya slh satu siswa easy speak makassar yg daftar tahun 2009, awalny sy tidak ingin berkomentar tp sy rasa ini cukup penting, memang benar easy speak tempatny bagus, tutorny berpenampilan rapi, tp pengalaman sy tutor yg mebgajar sy kemampuanny tidak dibawah standar, bahkan ketika sy mendapat tugas menerjemahkan buku, ttor sy banyak sekali membantu, setiap tugas d sekolah dibantu mereka juga, dan bahkan sy baru membaca artikel yg jelek tentang ES.

    BalasHapus
  15. Tq infox ya mb.. alhamdulillah blm sempat keluar uang

    BalasHapus
  16. Saya baru cek fb nya Easy Speak Medan, dan saya rasa blog ini mengungkapkan kebenaran. Dari segi tata bahasa dalam status-statusnya total berantakan, jauh dari grammar baik. Menyedihkan, mencari uang harus menipu dan menghancurkan harapan-harapan orang yang mendamba untuk menjadi terang melalui pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau merasa ragu ga perlu datang ke Easy speak tapi coba tanyakan informasinya dari beberapa Student2 Easy speak....apa hasil yang dicapai dan buktikan jika Easy speak salah.....kalau kami salah dari dulu kami sudah hancur.....Puji Tuhan Kami tetap berdiri dengan niat mencerdaskan anak bangsa.........tidak sekedar hanya perusahaan yang mementingkan bisnis.........

      Hapus
    2. Easy speak yg di balikpapan kenapa tiba2 tutup tanpa pemberitahuan?? Lalu bagaimana nasib kami yg sudah bayar berjuta2??

      Hapus
    3. Easy speak diSamarinda tiba2 tutup. Tanpa ada pemberitahuan. Ditelp sdh tdk aktif. Bagaimna uang kmi yang sdh masuk 12jt ? Dasar Easy Speak penipu!!! Ayoo semua yg merasa tertipu kita laporkan Easy Speak ini kekantor polisi.

      Hapus
    4. Easy speak diSamarinda tiba2 tutup. Tanpa ada pemberitahuan. Ditelp sdh tdk aktif. Bagaimna uang kmi yang sdh masuk 12jt ? Dasar Easy Speak penipu!!! Ayoo semua yg merasa tertipu kita laporkan Easy Speak ini kekantor polisi.

      Hapus
    5. Easy speak di banjarmasin juga tutup, karyawan nya tidak di gaji..
      Yang merasa tertipu segera bersama-sama lapor polisi.

      Hapus
    6. Easy speak d Pontianak juga tutup,sejak awal tahun 2016,terus gmn ni,saya udah bayar 12.125.000(11.625.000+admin 500.000) hanya baru privat 2bulanan,,,yuk lapor polisi

      Hapus
    7. Iyah easy speak yang dibalikpapan ko sudah tutup ya saya juga merasa tertipu lapor polisi sama2 yuk hub no saya ya khusus balikpapan 085391902088

      Hapus
    8. Hallo ... semua rekan rekan yang ingin mampu berbahas Inggris dengan lancar dan biaya terjangkau ... silahkan kontak BlESSED ENGLISH COURSE ( lokasi Balikpapan ) bagi anda yang berdomisili di luar balikpapan bisa belajar melaui video call [ line , skype dll ] . pengajar di jamin handal dan berkualitas ( Pengalaman menjadi guru di Luar negeri ] . Bila berminat atau ingin memperoleh info yang lebih lengkap silahkan hubungi di nomer tlp : 0812 55222 853

      Hapus
    9. Easy Speak Bandung ini teman-teman dari berbagai kota yg masing-masing di daerah kami easy speak sudah tutup. apa bisa di bantu solusinya??

      Hapus
  17. 3 tahun yg lalu sy mencoba menghubungi nomor telepon yg tertera, Alhamdulillah tdk pernah diangkat smp hr ini sy membaca artikel mba easy spike/speaq hehehe..

    BalasHapus
  18. terima kasih infonya mbak, sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  19. Wahhh ceritanya hampir sama kayak gw, bedanya gw di Palembang,, gw sebenarnya bisa bahasa inggris meski tak lancar2 amat, niat gw mau kursus kemaren MEMPERLANCAR BAHASA INGGRIS, bkn berati gabisa bahasa inggris,, kenadala ku cuma kurang PD aja pas lg ngmong,,
    Awal aku tertarik dg ES ini krna iklannya sungguh buat ku terpesona, aku lihat iklannya di koran PALEMBANG POS, so karna tertarik aku langsung telpon aja, ngbrol2 ttg metode kursusnya buat ku makin smgt dan penasaran,,
    trus aku tanya untuk masalah biaya, pihak ES mnyarankan untk dtng terlebih dhulu ke tempat mereka nnt akn di bicarakan dan disesuaikan dg kebutuhan dan tingkat bahasa inggris yg uda gw kuasai,, dari situ aku mulai malas, krna kndala gw juga dibiaya takut mhal,,akhirnya aku mutuskan untk tidak mau ikut kursus dsna,,
    ehh pas besok2nya pihak ES nelpon gw trus, awalnya gak ku angkat tp krna sering nelpon akhirnya aku angkat la telpon dr ES, masi seputar ngmongi tu kursus, trus ada penawaran2,, Pihak ES mnta aku dtng terlebih dahulu ke tmpatnya kalo ga jadi ikut gpp yg penting dtng dlu lah kata pihak ES,, dr situ gw mikir, gada slhnya kalo dtng dlu,,
    Akhirny gw dtng, melihat suasana tmptnya sm kayak yg di ceritain yg diatas,, tmptnya rapi, orngny kinclong,trus gw liat ad yg sedang kursus one by one (anak kecil keturunan cina rata yg ku lihat dlm ruangan) ,, sistemnya 1 orng 1 pngajar,, trus ngbrol2 la sama mbknya bla bla bla,, ditanya sgala mcam ttg kendala bahasa inggris ku, ya ku bilang aku gabisa bahasa inggris, kaku kalo ngmong,, trus mbk itu sodorin buku metode belajarnya, smbil gw baca tu buku dia trus ngbrol jelasin sputar kursus,, dia bilang ES tersebar di seluruh Indonesia,, jd kalo aku misalnya pindah tmpt tnggl ke daerah lain masi ttp bisa ikut kursus tanpa harus bayar lagi,, trus ditmbah jalan2 bs keluar negeri untk yg berprestasi sekalian ngasah kemampuan katanya,,
    Well,, akhirnya yg gw tnggu2 sampai juga, ke MASALAH HARGA!! Omaigattt biaya muahal puollll euyy,, 15 juta??? Tp bntar dlu mereka kasi pemanis dg iming2 GARANSI SEUMUR HIDUP SAMPAI BISA,, jadi ampe 3,4 smpe 5 tahun pun ttp gratis kalo uda gabung dg ES smpe bisa, tp 1 thn biasanya uda bener2 mahir kata merek,,
    Walau gmn pun gw ttp telan air ludah sakin kaget tau tu harga,, langsung down gw,, trus gw bilang, aduhh mbk mahal bnr, aku gada uang sbnyk itu, lagian ortu blm tentu merestui,, pihak ES ttp gencar dg jurus2 nya, trus tu mbak bilang tenang aja bisa dicicil 3x byar nya dtmbah aku dpt bonus potongan 20% dr 15jt krna aku dpt promo, krna kalau sudah hr senin promonya uda habis kata mbknya (gw dtng ksna hr kami masih inget bngt, pulang kuliah pergi ksna),, dari sini gw mencium ada yg kaga beres,, sambil trus menghindar gw bilang, biayanya kemahalan mbk, bayar 5juta aja masi mikir ku bilang, pasti ortu ku ga setuju, lantas ia mnyuruh ku ngbrol dlu sama ortu dan kalo bs ortu gw dbawak ksni,, yaahhh uda gilak kali yakk, masak emak or babe gw dibawk ksana cuma masalah beginian,, lantas gw bilang aku tlpon aja dlu ortu ku, mau tanya,, gue pura2 telponan ama bokap padahal ngmong sendiri via hp, wkwkwk,
    Akhirny pura2 uda selesai ngbrol, gue ttp bilang GABISA MBK ORTU KU GA ACCEPT,, kmudian mbk itu bilang yauda gpp, kmu pulang aja dlu jelasi ke ortu nnti, mmng sih agak mahal tp ortu kamu kn blm tau ES tu spt apa bla bla bla,, bagusnya nanti kamu bawak kesini ortu mu katanya, biar mbk jelasi kalo uda ngeriti tg ES muda2han ortunya ga kebratan dg hrga segitu,, gw jawab aja iya mbk ntar aku ngrbol baik2 n jelasi dlu,, pulang deh gue,,
    Bbrp hr kmudian pihak ES tlpn lagi nayain, gmn jadi gak katanya coz promo uda mau abis kalo lewat promo gadapet bonus 20% dan tenaga pengajarnya terbatas jadi mereka merekrut orng yg mau les jg terbatas sambil sedikit mendesak sedikig kata pihak ES,,
    Dan masi sama jwban ge, ENGGAK,,
    The End

    Ehh skrng ga sengaja baca berita di blog ini, untung kaga gabung di ES, bs2 gue galau berkepanjangan haha

    BalasHapus
  20. hal serupa tpi beda nama
    skrg ada yg namanya global bahasa
    salesny gencar skali merayu dan hrga tak tanggung2 mahalnya

    tpi tmpatnya jauh dri gambar yg dbrosurnya
    tdak ad audio video room dan ruangan thematic

    BalasHapus
  21. Tepatnya jam 09.30 pagi ini saya ditlp pake no. tri suruh dateng, tapi dia juga gak kaya perusahaan lain kalo undang interview pasti dikasih tau bawa cv, baju apa dn harus ketemu siapanya, kalo ini engga sih cm kasih alamat lengkap dn tgl berapanya tp gak ada ket. jam berapanya., liat postingan ini jadi ragu, tapi coba dateng dulu deh, kalo suruh keluar biaya mending gajadi.

    BalasHapus
  22. saya baru saja baca posting ini,
    tidak bermaksud menambah keruh suasana yg ada
    tapi saya juga hampir saja, dulu ketika melamar menjadi pengajar di tempat ini, di semarang
    saya diminta untuk mninggalkan ijazah asli dengan penjelasan panjang lebar
    alhamdulillah sekali, saya tidak bersedia
    dan saya pun masih diberikan kesempatan untuk berpikir
    tapi tetap saja saya tidak mengubah keputusan
    bener memang , saya juga bertemu dengan pihak dari sana yang sangat fasih dan lihai dalam presentasi
    semoga kita bisa belajar dari pengalaman orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama mba, sy jg baru memasukkan lamaran sbg pengajar di easy speak semarang via pos, trnyt pos sy dikmblkan dg alsn pndh almt, alhmdlh....

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. nambahin aja berdasarkan pengalaman.
    baru kemaren saya telp ES (tak singkat dari Easy Speake) Semarang.
    Niatnya si iseng2 aja cari info biaya kalo mau kursus diES. Kebetulan saya mau ningkatin skor toefle saya.
    Pas ditelp nomer telp kabelnya yg nrima kayaknya resepsionisnya, dari situ saya dimintai nomer HP untuk dihub, tim marketingnya, kebetulan marketinya cewe.
    esok harinya saya dicall back sama martketingnya.
    karena modal saya sedikit, jadi saya langsung saja tanya sistem belajarnya dan biayanya berapa. disitu marketingnya menjawab dg jawaban lain yaitu "lebih baik mbaknya ikut trial dulu saja supaya tahu sistem pembelajaran dikami, trialnya free dan cuma 30menit, nanti kalo mbak bersedia mbak konfirm ke kami, jadi nanti akan kami siapkan tutornya"
    setelah saya ikut trial, saya bisa merasakan sistem belajarnya, memang one of one, tp tetep saja saya gak bisa konsen, soalnya sekatnya pendek, tutor yg ngasih trial kmren lumayan bagus si bahasa inggrisnya.
    Setelah trial saya kembali ditemu marketingnya dan langsung bahas biayanya. disitu saya jawab tak pikir dulu dan ijin ortu dulu.
    dg jawaban saya yg seperti itu, marketingnya langsung minta nomer KTP dan nama lengkap saya. katanya biar dapat diskon. dengn polosnya saya kasih saja. Urusan nanti dipikir nanti, saya pikir seperti itu saja.
    sebenernya saya tertarik tapi tetep saja ragu setelah di jlentrengkan biayanya yg begitu amajing (maklum kantong saya tipis).
    dan saya juga ragu, apakah kalo sudah keluar dr ES saya bisa dapat skor toefle yg tak ingini, dan saya bisa lebih mahir ngomong inggrisnya.
    Dan setelah baca blog ini dan komen2nya, well semakin ragu :D.
    kayaknya si kalo pengin belajar one of one kayaknya lebih baik cari guru privat.
    makasih kakak infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Alien Na,
      butuh les privat bahasa inggris, kebetulan saya tutor bahasa inggris privat di semarang. kalau minat bisa langsung hubungi 081 226 294 188.
      Salam,
      Laela

      Hapus
  25. hati2 dengan tempat kursus ini
    http://globalbahasa.com/menu/Courses.html

    BalasHapus
  26. yang nulis blog bodoh, sebagai blogger ga mungkin cuma posting 1 kasus, setidaknya si mbak dengan khusus bikin blog cuma buat membahas ES, setelah itu??? ada postingan lain ga? ada reply komen ga? jangan jangan beberapa orang yang ikut komen juga fiktif, kalau mau 100% benar, kenapa tidak di youtube kan saja, jadi tau identitas yang posting nih ES. belajar jujur, Tuhan itu tidak tidur, be wise buat yang membaca. orang bikin blog biasanya hobi posting, namanya blogger dengan banyak postingan setidaknya kalaupun ada hal yang jelek harusnya data nya jelas. masalah telp dari marketing yang bertubi2 itu, wajar donk...marketing ga jualan ga dapet gaji, anda tidak akan rugi apapun ketika ditelp marketing, hilang pulsa??? tidak kan??? rugi waktu???? kan bisa reject atau bilang terima kasih lain waktu, atauuuuu setidaknya hargailah usaha marketing, seandainya mereka saudara anda yang kerjanya nelpon in orang juga??? dimana letak Humanity anda??? jujur dan jadilah pengguna internet bijak.

    BalasHapus
  27. nih yang punya blog kalau merasa tertipu kenapa ga youtube in aja, biar tau identitas si mbak dan kenapa ga langsung ke ownernya aja kalau memang benar...gitu aja kok ribet mbak, posting 2011, nama user aja Easy Speaq, kalau anda merasa benar kenapa harus takut publikasi identitas anda? bukankah anda rugi jutaan rupiah??? ... be brave yah ...

    BalasHapus
  28. Hati dg global bahasa atau speak easy ganti2 nama , sedang kasus daerah cengkareng , daan mogot , tang city, n bandung masi buka..

    BalasHapus
  29. Kami bingung hrs bgmn supaya korban tdk berjatuhan lagi dg berpikir positif supaya anak2 fasih berbahas asing tetapi ditipu.. Oleh owner bernama Riswan da istri Ayu, facebook riswan da.. Gosipny mantan ob celfit yg terkenal okb yg keblinger cari uang dg jalan pintas menipu banyak orang.. Dulu riswan bergabung dg rumah bahasa sunter n kelapa gd dg owner Fredy yg sampe sekarang jg masi hidup bebas dimana kasusny masi menggantung.. Mengikuti jejak fredy sekarang , riswan awalny buka di ruko mall palem care4 bln agustus 18 ttpi undur waktu krn gedung lom selesai direnov sampe awal sept baru aktif kursusny dgn ruangan yg ala kadarny, ac panas, guru pas2 an tdk seperti yg dijajnjikan waktu fleksibel, ruangan full wallpaper sesuai dg jenis tema bahasa asing apa yg dipelajari, student card , baju seragam, dpt tas non sen semua..hari minggu ada kursus lalu dihapuskan, management sgt berantakan, semu a pd complain.. Gonta ganti teacher..ntahlah dia mencopy konsep penjualan yg asliny spt kesaksian yg diatas bahwa ada tempat les yg benar.. Tdk seperti global bhasa atau rumah bahasa atau lainny yg kami rasa ada bos besar dibalik semua ini, karena semua ny kasus sama .. Setelah 3 bln berjalan mulailah goncangan datang, air minum tdk ada, telp tdk dibyr, Maintenance telat , teacher telat dibayar.. Sehingga puncakny april 2015 riswan memutuskan utk memindahkan member mall palem ke ruko daan mogot .. Crazy .. Hari itu juga no announcment... Teacher2 sudah sedikit sekali.. Kami member sudah mengalah fasilitas jelek ya sudah asalkan student masi bs belajar .. Awal ada native hanya buat adult lama2 puntdk ada krn alesan tdk sanggup bayar! Member kecewa so dilaporkan ke kapolres cengkareng, akhirny dia datang menjelaskan bahwa dia tdk kabur krn kampUs daan mogot masi ada..dan mgkn dia ada sedikit main dg polisi ..akhirnya bebas..dia berjanji dg polisi akan membyr gaji teacher dan memperbaiki sistem dan mau refund bbrp murid..member palem ad yg pindah hanya beberapa ke Dm, hannya berlangsung 3 Minggu.. Akhirnya tgl 11 mei 2015 senin jam 15.30 listrik padam krn lom diisi voucher.. Sungguh sadis manusia ni..anak2 kid sambil kursus gelap2 an ud dateng jauh2' keringatan yg baby.. Tak tahu hukuman apa yg pantas utk dia! Sering x memang kami kecewa sudah jauh, ngojek , teacher ga ada tanpa pemberitahuan! Ternyata hari jumat malem 8 mei riswan sudah kabur bersama keluarga besarny . Rumah sudah dijual! Yg tadinya berjanji jual rumah utk byr gaji teacher! Kami sudah melapor ke kapolsek kalideres tp entahlah kamipun hopless krn lom tentu polisi mau bergerak! Krn kami pun ga mgkn utk mengeluarkan uang lagi utk proses penangkapan riswan! Kualitas kursus jg spt bimbel biasa tdk seperti yg dijanjikan! Tdk ad kurikulum! Hanya kertas foyocopy saja materinya! Lebih kasian lg member tang city tng lom sama sekali belajar tp sudah full payment dimuka krn sistem mereka begitu hrs full payment for 3 Bln, 1 th, 2 th! Tolong disebarluaskan agar teman , saudara kita jgn sampe terjebak , jatuh korban lg, krn bisnis pendidikan penipuan ni telah merajalela! Tdk ada ijin usaha! Seenakny pameran di mal! Krnbanyak mangsa di mall ! Tolonglah pihak berwenang mau iba melihat ini semua khususny kasihan utk ekonomi kebawah yg berniat semangat utk belajar tp ditipu,, salam sejahtera trim kasih ! Ini bukan karangantong kosong boleh dicek kebenaranny di kapolsek cengk, kalideres saat ini!! Kami tidak mau menjelekkan suatu lembaga, memang kami telah bodoh dan sgt menyesal begitu gampang percaya, tp kami berharap jgn sampai ada korban lg,,!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pun terjadi pada global bahasa di bandung. kejadian persis seperti yang anda alami dan sedang dilaporkan ke kepolisian setempat. jadi saya rasa ini memang modus penipuan yang terencana. hati-hatilah memilih tempat kuraus. lebih baik kursus di tempat yang jelas.

      Hapus
    2. Hal ini juga terjadi di Global Bahasa ITC BSD, Tangerang. Sekarang ini tempat les sudah digembok, para pengajar belum digaji dan murid tidak bisa melanjutkan les. Saya dan bbrapa wali murid sudah memberikan BAP di Polsek Serpong utk ditindaklanjuti.

      Hapus
  30. halo bon
    saya jg murid global bhsa daan mogot dan brencana ingin melapor ke polisi
    apa saja yg mesti saya bawa untuk bukti? apakah harus mengeluarkan biaya juga??

    BalasHapus
  31. ini saya ada link untuk mereka yg ingin belajar bahasa inggris:
    http://english-hot.blogspot.com

    BalasHapus
  32. Tips memilih kursus bahasa inggris:
    Pertama: JANGAN pernah mau membayar KONTAN dimuka untuk biaya kursus, Karena itu BUKAN JAMINAN suatu kursus kwalitasnya tidak ABAL-ABAL.

    Kedua: Bila ternyata kursus tsb terbukti ABAL-ABAL, atau Anda tidak bisa datang kursus karena berbagai sebab, Anda tidak akan pernah bisa MENARIK uang Anda kembali dengan ALASAN APAPUN!

    Ketiga: Jangan tergiur oleh iming-iming hadiah yang dijanjikan marketingya, entah itu berupa sepeda motor, televisi, liburan ke Hongkong, ke Bali atau sekedar gantungan kunci. Iming-iming itu hanya akal bulus strategi dagang.
    Lembaga kursus yang menjanjikan hadiah, udah pasti 100 persen hanya
    mengejar keuntungan. Mosok, pendidikan disamakan dengan kwaci,
    yang ada hadiahnya.

    Keempat: Jangan membayar DP atau Tanda Jadi dengan alasan
    peserta kursus untuk bulan ini dibatasi atau bulan depan harga kursus naik. Selama 2 tahun lebih saya mengamati Lembaga kursus
    semacam ini, ternyata tidak pernah membatasi jumlah siswanya! Biaya kursuspun dari dulu sampai sekarang tetap sama mahalnya!

    Apa sih namanya lembaga kursus bahasa Inggris tsb?
    Cari saja iklannya di koran-koran dan di mal-mal! Tiap hari terbit kok.
    Ingat! English is easy to speak and cheap!
    Bhs Inggris itu mudah dan murah!

    Cerita lengkapnya ada di
    http://english-hot.blogspot.com

    BalasHapus
  33. saya student easy speak semarang..dan asaya belajar dengan baik disana..tutornya handal2 kok..dan saya berbicara lumayan bagus sekarang..

    BalasHapus
  34. dengan budget segitu, kenapa gk english first aja? atau ILP? bukan maksud gmn tp kan tmpt kursus byk, klo mau yg lbh terpercaya, coba tanyain kursus di universitas2 yg ternama, biasanya terbuka untuk umum juga sih. sekedar saran aja.

    BalasHapus
  35. Sy alumnus easy speak ... ad positif ada negatifnya

    BalasHapus
  36. Saya juga Student paket lifetime di ES, awalnya daftar di semarang. Saya juga beberapa kali menggunakan jasa ES untuk konsultasi transliterasi paper saya (diberikan gratis juga). Sampe kursus Olimpiade pun dari kantor juga di ES. Mohon maaf, tapi saya tidak merasakan yg diceritakan disini. Saya udah 2 tahun daftar, 1 tahun ga aktif dan account lifetime saya tetap ada. Ini mutasi ke ES Surabaya. Semoga yg diceritakan disini tidak terjadi pada saya di ES Surabaya.. Jadi khawatir... Pilih ES juga karena klo di lembaga reguler dgn jam teratur sering Kena DO alias mutung karena jam dines yg sering luar kota mendadak. Semua ada plus minus nya,, ambil plus nya aja... Klo mau konsultasi via email ke saya ttg pengalaman ES juga boleh. Tapi cm pengalaman di ES Semarang ya... Kalau memang benar ada perbedaan layanan di lain lokasi ES, nggak tau juga ya...

    BalasHapus
  37. kami telah berdiri sejak 2002, kami adalah the founder of english area system di kampung inggris. Nama kursusan kami adalah DC-Two/disitu/ English School. Nama pendirinya adalah Mr. Puthut SA. Dengan harga satu juta perbulan. jika anda sampai tidak bisa berbahasa inggris maka uang akan kami kembalikan 100%. hubungi saja 085735072662 atas nama Mr.Willy (Manager) Atau 085735177767 (Director). Jika kami telah berhasil mencetak orang-orang sukses maka anda-lah yang berikutnya.

    BalasHapus
  38. Ini blog isinya menipu...
    Temen ku alumnus ES Semarang.
    Aku udah terbiasa mnggunakan bahasa inggris dan udah mulai mengajar bahasa inggris ke teman2 ku sejak SMA sampai kuliah sekarang. Dan mereka ga pernah komplain dgn ajaran ku, dan bahkan mereka bilang aku sangat membantu mereka, plus mereka bilang apa yg aku jelasin ke mereka lebih mudah dipahami drpd apa yg dijelasin guru/dosen kami, yg pendidikan nya lebih tinggi drpd aku. Dan dosen ku saat ini menjamin kalau aku bisa lulus toefl dgn score tinggi (btw, aku blm ambil toefl, karena univ ku adainnya tiap semester, dan aku blm ada 1 semester disini)...
    Nah dengan aku yg udah terbiasa dengan bahasa inggris dan pengalaman ku mengajar lbh dr 3 tahun ini, aku bisa menilai, kalau bahasa inggris teman ku yg alumnus ES Semarang itu sangat baik, dan dia bangga menjadi alumnus ES...
    Jd jangan percaya dgn isi blog ini + komen2 buruk tentang ES ya teman-teman... :)
    Dan buat mbak yg punya blog ini, dan menulis isi blog ini, kalau mau bersaing, bersainglah dengan cara yang halal... mungkin kita manusia tidak tau kalau mbak berbohong, tapi Tuhan selalu tau... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, kami mo tanya, Kalau Easy Speak gk penipu, knp di Samarinda dan Balikpapan tutup tanpa pembefitahuan!!dasar kmu penipu!!kembalikan uang kami!!

      Hapus
    2. Eh, kami mo tanya, Kalau Easy Speak gk penipu, knp di Samarinda dan Balikpapan tutup tanpa pembefitahuan!!dasar kmu penipu!!kembalikan uang kami!!

      Hapus
    3. Wah ga tau ya kalau cabang lain gimana. Yang pasti ES Semarang jauh dari yang ditulis si penulis blog dan semua comment negatif nya

      Hapus
    4. Easy speak makassar jg mendadak tutup, kata pemilik ruko mereka pergi diam2 ninggalin tempat itu tanpa pemberitahuan, padahal anak2 saya br beberapa kali kursus...di tlp kontak karyawannya semua g aktif...

      Hapus
    5. Easy speak makassar jg mendadak tutup, kata pemilik ruko mereka pergi diam2 ninggalin tempat itu tanpa pemberitahuan, padahal anak2 saya br beberapa kali kursus...di tlp kontak karyawannya semua g aktif...

      Hapus
    6. He Valdi harris kamu masih mau umur panjang kah,,,saya sudah ditipu disini...jadi kamu jangan macam-macam....apa mau anak istri dan keluarga kamu jadi korbankah!!!!!

      Hapus
    7. saya juga sudah beberapa kali mencoba menelpon ES Makassar di no: 0411442268 tapi tidak pernah diangkat dan bahkan langsung ke ruko orange no. 10 G tapi ternyata juga sudah tutup...

      Hapus
    8. Saya juga kursus di ES makassar. les di ES karena kesibukan dan fleksibel. Tp pas sy mau kembali les stlh berbulan2 hilang, malah tempat kursusnya pindah dak tau dimna tanpa konfirmasi.
      Pdhl sudah byr 13jt cash. Buat anak sekolahan itu sangat banyak tp demi perbaikan bhsa inggris, tabungan saya direlakan.

      Hapus
  39. Bersaing yg sehat dong mas bro. Jgn fitnah. Sya Selaku Course advisor Easy speak cabang Medan menegaskan bahwa Easy Speak adalah lembaga Kursus Yang Real bukan abal abal memiliki 15 Cabang di seluruh Indonesia. Tolong jgn percaya artikel ini. Siapun anda yg membuat artikel ini ,Ingat lah apa yg kmu tanam akan kamu tuai.

    BalasHapus
  40. Untuk melihat Blog ini hanya sebgai alat untuk menjatuhkan Easy Speak. Coba perhatikan baik baik profil si pembuat blog. Tidak ada data lengkap. Itu karena akun ini hanya bersifat provokatif yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  41. Ada banyak buku, ada banyak software di internet bisa download (kamus,materi terkait,dll), ada DVD music berlirik b.inggris, ada DVD film2 berteks b.inggris.. Banyak cara untuk bisa blajar & tahu berbahasa inggris dengan baik+bener.. Tidak musti les.. Yang penting ada KEMAUAN kuat untuk belajar lebih..
    SETIAP orang akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Tuhan.

    BalasHapus
  42. Mari berpikir sebelum berkomentar, semua saudara
    Mari berkarya membangun bangsa
    Salam English untuk semua lembaga karena tujuan kita sama
    Belajar...belajar...belajar...
    ( Pusat informasi dan kreasi bahasa Inggris dari Jepara Jateng Indonesia )

    A.LAGU ANAK - ANAK yang kami buat di antaranya :
    1.( Terima kasih guru ) dengan 2 bahasa ( Indonesia dan English )
    http://universalenglishcourse.blogspot.com/2013_04_01_archive.html
    2. ( Lihat kebunku ) dengan 2 bahasa ( Indonesia dan English )
    http://www.youtube.com/watch?v=fiXebHTLK2c
    3. ( Tik- tik bunyi hujan ) dengan 2 bahasa ( Indonesia dan English )
    http://www.youtube.com/watch?v=FfZDRp8QRBY
    4. ( Pelangi ) dengan 2 bahasa ( Indonesia dan English )
    http://www.youtube.com/watch?v=KZOk0xK71PA

    B.LAGU RELIGI yang kami buat di antaranya :
    1.( English Sholawat ) dengan 2 bahasa ( Arabic dan English )
    http://www.youtube.com/watch?v=1sqRuMhrYig
    2.( Sholawat Gus Dur menangis ) dengan 2 bahasa ( Arabic dan English )
    http://www.youtube.com/watch?v=JYewY0whiy4
    3. ( Soul mate Sholawat ) dengan 3 bahasa ( Indonesia, Arabic dan English )
    http://www.youtube.com/watch?v=bScR-ME95tw


    BalasHapus
  43. Easy Speak sudah bangkrut!!!!!

    saya tutornya, gak dibayar 2 bulan, pegawainya kluar semua. ditagih gaji ga ada yg respon. semoga pimpinannya yang ada di Bali trus trusan itu Tanggung JAWAB!!!

    BalasHapus
  44. Bahasa inggris adalah tanggung jawab murid, bukan guru. Sehebat apapun guru anda kalau anda tidak mau belajar sendiri di rumah dan mempraktekkan maka hasilnya adalah NOL BESAR. Guru saya dulu cuma tamatan SMA dan juga tamatan kursus tapi kok ya bisa juga. Hayooo ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada jg kursus yg justru membebaskn muridnya dari belajar dirumah, prakteknya cukup di tempat kursus, hasilnya malah sangat bagus, Tanggung jawab peserta kursus agar bisa berbahasa inggris, diambil/ dipegang oleh lembaga kursusnya.

      Hapus
  45. Saya student di ES dan tidak merasa tertipu tuh, malah saya merasa tertolong dengan waktu bimbingan belajar yang fleksibel, saya bisa dengan sesuka hati saya belajar kapan pun jika saya tidak sibuk. Sejauh ini sih begitu yang saya tahu.

    BalasHapus
  46. kantor easy speak bandung disegel pemilik ruko, kasian... pegawainya terlantar. hayo gimana itu?? tanggu jawab dong!!

    BalasHapus
  47. Pada hakekatnya, Easy Speak bukanlah tempat bekerja tapi belajar. Saya pernah bekerja di cabang Semarang selama hampir 3 tahun. Pas tes masuk TOEFL saya cuma 550. Kemarin sebelum keluar (September 2015) TOEFL saya nyampe 620. Itu tes d lembaga resmi lho, bukan TOEFL prediction. Saya punya nilai IELTS dengan skor 7. Alhamdulillah dapat Letter of Acceptance dari Monash University untuk kuliah disana. Sekarang saya sedang mencari beasiswa yang cocok. Jadi kalau ada yang bilang tutornya kurang kompeten, mungkin beliau belum pernah ke ES Semarang.

    BalasHapus
  48. wah gak jadi deh saya ikut kursus di Easy Speak mari kasih tahu yang lain dan sebar luaskan info penting ini biar gak ada korban lagi

    BalasHapus
  49. Mngkin yg belum ketipu krna sdha lulus dluan !? Aku loh msi posisi bljar sdha mau 2 tahun pas mau booking taunya ES yg d blkpapan d tutup !? Pusing nya aku

    BalasHapus
  50. Ia lohh... kya mna itu easy speak balikpapan tiba2 tutup, baru mau booking taunya tutup

    BalasHapus
  51. EASY Speak BALIKPAPAN kenapa Tutup ya? Bangkrut?

    BalasHapus
  52. Yg balikpapan penipuan sdh minggat semua orngnya

    BalasHapus
  53. Yg balikpapan penipuan sdh minggat semua orngnya

    BalasHapus
  54. Easy speak pekanbaru bermasalah juga,kenapa gak ad kabar berita. Saya les dsna,idah brp mggu lubur,dtg k tmptnya gak ad satupun org,kt org dkt sana bermasalah dgn bagian administrasinya

    BalasHapus
  55. Gan bahasa inggris bukan bahasa ibu kita tapi kenapa jadi bahan yang besar . kalau mau kursus ya langsung ke tempat yang mengharus kan bahasa inggris nya . kalau gak ke bali aja gan yang sering di datangi orang bule ,,, dijamin bisa ngomng bahasa inggris dan lebih murah . atau kekampung inggris aja yg sekarang lebih hebat dari lembaga mana pun di indonesia .

    BalasHapus
  56. easy speak yang d banjarmasin juga tutup ,ternyata gak d sini aja yg kena tipu d daerah lain jga kena tipu

    BalasHapus
  57. Demi tuhannn yg di medan jg tutup. Rejeki ga kmana. Biar mereka makan uang haram itu. Doakan aja mereka segera tobat. Saya slh satu korbannya. mencoba untuk melapangkan dada.

    BalasHapus
  58. Demi tuhannn yg di medan jg tutup. Rejeki ga kmana. Biar mereka makan uang haram itu. Doakan aja mereka segera tobat. Saya slh satu korbannya. mencoba untuk melapangkan dada.

    BalasHapus
  59. Demi tuhannn yg di medan jg tutup. Rejeki ga kmana. Biar mereka makan uang haram itu. Doakan aja mereka segera tobat. Saya slh satu korbannya. mencoba untuk melapangkan dada.

    BalasHapus
  60. saya resign sejak desember... gaji november belum dibayar, bahkan ijazah saya pun masih di Bali.. apa2an ini.. maunya itu lo apa??? untuk pak yosi, pemimpinnya.. sya minta tanggung jwabnya.. hubungi saya 08885719593!! nomer anda tidak bisa dihubungi, mau kabur ta?

    BalasHapus
  61. Saya ikhlasss. Kerja 3 Bulan, gaji 1/4 bulan. ngkngkngkngnk. Medan

    BalasHapus
  62. Easy speak Balikpapan juga sama. Menghilang begitu saja. Padahal ponakan saya sudah bayar untuk paket yang 200jam. 100 jam aja belum kepake, tiba-tiba aja ruang easy speak sudah kosong.

    BalasHapus
  63. Saya murid easy speak semarang. Saya merasa terbantu skali tugas2 kampus saya di bantu dan mendapat A. Tutornya juga handal mnrt saya
    Nilai toeic saya pun meningkat. Nilai bahasa inggris jg skrg A. Bermanfaat lah. Cm saya lg cuti ini mau niat melanjutkan. Byk ko murid dr easy speak smg yg ngomongnya jg udah handal.Metode belajarnya menyenangkan. Sesuai yg diinginkan murid jg.
    Ini mungkin pesaingnya ES aja. Jd pembaca yg pintar aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatannya komplain2 itu berdatangan dari cabang2 di kota lain, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Bandung, Medan juga.. dari Semarang malah menyatakan lain. Apa mungkin hal2 itu tidak terjadi di Semarang, hanya di kota lain?

      Hapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. wah , saya tidak bisa berkomentar banyak apakah itu benar atau tidak , ikut kursus online saja . banyak yang gratis seprti kursus di vle .
    www.videokursusbahasainggris.blogspot.co.id - kursus bahasa inggris gratis untuk siapa saja yang ingin bisa 'ngomong' inggris dengan lancar dan di sini di ajar oleh guru profesional dari luar

    BalasHapus
  66. wah , saya tidak bisa berkomentar banyak apakah itu benar atau tidak , ikut kursus online saja . banyak yang gratis seprti kursus di vle .
    www.videokursusbahasainggris.blogspot.co.id - kursus bahasa inggris gratis untuk siapa saja yang ingin bisa 'ngomong' inggris dengan lancar dan di sini di ajar oleh guru profesional dari luar

    BalasHapus
  67. saya salah satu korban penipuan dari EASY SPEAK yang berada di Bali. tepatnya Januari 2015 ada promo dari EASY SPEAK Bali dari harga 11 jutaan menjadi 8 jutaan dengan iming-iming bisa belajar sepuasnya, mau barapa jam, dan berap alama yang pasti semampu kita belajar. saya memasukkan anak saya atas nama Abinanta umur 10 tahun, pada awalnya bagus dan anak saya senang, namun sejak setelah 3 bulan berjalan, kantornya buka dan tutup tanpa ada informasi, kalau di telp. selalu ada alasan. tepatnya pada akhir Juli 2015 kantor EASY SPEAK di Tuban - Kuta totaly tutup dengan alasan banyak guru yang resign dan akan buka kembali dibulan agustus. selama bulan agustus hingga sekarang belum juga ada kepastian kapan kantor EASY SPEAK yang di Tuban buka kembali, setiap saya telp. selalu bilang bulan depan-dan bulan depan lagi. sudah complaon beberapa kali, sampai managernya sudah dihubungi dan saya minta refund juga tidak ditanggapi. dan sampai saat ini dan detik ini tidak ada indikasi untuk refund uang saya dan tidak ada kejelasan kapan akan kembali di buka di daerah Tuban, hanya mereka menyarankan agar kursusnya di daerah cokroaminoto Denpasar, tapi saya tidak mau karena menempuh tempat tersebut memakan waktu hampir 2 jam. JADI SAYA HIMBAU KEPADA PARA ORANG TUA AGAR TIDAK MENARUH ANAKNYA KURSUS DI EASY SPEAK KARENA SUDAH BANYAK YANG KETIPU DENGAN EASY SPEAK INI. KALAU ADA YANG SENASIB DENGAN SAYA, MARI KITA LAPORKAN SAJA PERUSAHAAN INI AGAR PARA PELAKUNYA JERA DAN MANAGEMENT MAUPUN PEMILIKNYA BISA MEMBENAHI SYSTEMNYA DI EASY SPEAK
    terima kasih
    salam dari Bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa anda sbelum daftar easy speak gak browsing dlu? pdhal postingan ini sdah dri 2011 ... Saya heran aj
      Saya aj komentar dsni pertengahan thun kmren dan walaupun sudah lapor polisi katanya msih kurang cukup bukti

      Hapus
    2. Saya iseng mencari alamat resmi easy speak di google, dan tiba tiba muncul blog ini. Saya murid easyspeak dari bali. Dan saya sudah mulai belajar di ES sejak 2013, mengambil sisa jam dari kakak saya terdahulu. Untuk cabang easy speak di bali awalnya tidak ada masalah, saya mengikuti sistem pembelajaran dengan sangat baik dan efektif tutor nya ramah, dan membuat saya nyaman. Untuk pengajarnya pun memang sebagian besar lulusan s1. Karna pada saat itu sya msh sma, sya mengikuti kegiatan esktra, dan mengikuti bimbel untuk mempersiapkan masuk ptn. Jadi saya belajarnya tidak rutin. Jadi saya lama tidak mengambil jam di ES. Setelah 6 bulan saya kembali lagi tepat stelah saya masuk perguruan tinggi tepatnya tahun ini. Saya mencoba menghungi cp ES tetapi tidak diangkat sama sekali. Dan akhirnya saya memutuskan untuk datang ke kantornya. Dan apa yang terjadi ES head office cokroaminoto Bali, tutup tanpa memberitahukan kepada studentnya. Tempat Easy speak yg dahulu berubah menjadi best english. Dengan wajah yang bingung, syaa mencoba masuk dan menanyakan apa yang terjadi. Ternyata easy speak sudah tidak ada lagi, namun murid didik easy speak sepertinya dialihkan kesini, karna data dan sisa waktu jam saya masih tersimpan di kompt nya. Dan yg membuat sy kecewa jam 12000 yg saya beli, sekarang hanya tersisa 84 jam? Padahal buku pedoman belajar yg saya miliki hanya setengah yang habis dipelajari. Dan saya merasa saya tidak pernah belajar slm 9000 jam :( sistem manajemen yang sangat buruk. Berhati - hatilah. Salam from bali

      Hapus
  68. saya mantan pengajar di ES samarinda, dan juga pernah jadi SPV di balikpapan....

    untungnya sewaktu saya bekerja masih masa2 makmurnya Easy speak.. saya berhenti 2x, tahun 2011 dan tahun 2014 (saya masuk lagi krn kebutuhan ekonomi)

    untuk para korban, ya ini penipuan sepertinya, ketika masih masa2 jayanya, para pengajar diperas tenaganya, yg lain kerja santai... tapi uangnya kencang.

    para tutor harus mengajar (MINIMAL) 6 jam sehari, untuk uang 2jt sekian sebulan.

    dan di akhir tahun 2014, sudah terlihat ES sudah jauh dari masa jaya nya... teman2 saya pada meninggalkan kapal semua. dari kabar yg saya lihat disini.. masih ada beberapa cabang ES yang buka.. dan kebanyakan tutup. Samarinda, balikpapan, banjarmasin, tutup.

    lucu, karena kalau seperti saya yang cuma orang bawah, sialnya saya tahu permainan para top manager.

    untungnya ijazah saya kembali, sekalipun tidak disimpan dalam brankas (seperti janji awal akad kerja) dan dalam kondisi bengkok.

    bagi para korban, saya cuma bisa bantu doa,

    agar kalau kalian melapor ke polisi, ada penyelesaiannya.

    agar kalau niat kalian bisa berbahasa inggris, saya doakan semoga tetap tidak surut niatnya sekalipun tertipu. karena saya juga adalah pengajar bahasa inggris. saya pernah tahu niat orang2 yg ingin belajar bahasa inggris.

    mari kita sama2 urut dada, biar makin mulus dan makin tabah....

    BalasHapus
  69. Wahhhhh ternyata bangkrut juga ES. Jadi siapa yang betul PAK YOSI? Salam dari Mr. Abe. Untung saya dulu dipecat, kalau tidak, mungkin lembaga anda masih berjaya. Ingat pak yosi, do'a orang yang teraniaya itu selalu terkabul. Ini buktinya.

    BalasHapus
  70. Saya juga korban Easy Speak Pekanbaru. Masih sisa banyak waktu dan belum menikmati uang 11 jta yg telah saya keluarkan dari hasil kerja keras saya. Student card belum saya terima dari awal bulan!

    Dan besok Easy Speak Pekanbaru akan tutup! Postingan ini benar! Bukan hoak! Kalau tidak percaya silahkan di cek ke tempatnya langsung di samping RS A. Yani, Jalan A. Yani, sebelah The Peak Apartemen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya bu. Saya juga member nya sejak 2011 yang di pekanbaru tapi memang jarang dateng karena jam yang terlalu fleksibel dan mereka juga tidak pernah sms pemberitahuan. BAru hari ini saya tau kalau yang di Pekanbaru tutup total tanpa pemberitahuan, awalnya mereka tutup karena ada renovasi. Eh ternyata seperti ini.

      Hapus
    2. Benar sekali bu. Saya kasihan dengan member baru yg masuk bulan Februari lalu. Saya yang jadi member sejak September tahun lalu saja merasa tertipu! Baru beberapa kali masuk.

      Menurut ibu kita harus seperti apa?

      Hapus
    3. sy juga salah stu korban easy speak, sejauh ini apakah ada perkembangan masalah ini buk?

      Hapus
  71. Prihatin baca TS ini yg ingin sungguh sungguh belajar bicara bhs inggris saya siap membantu call 085753420569

    BalasHapus
  72. Prihatin baca TS ini yg ingin sungguh sungguh belajar bicara bhs inggris saya siap membantu call 085753420569

    BalasHapus
  73. Saya juga tertipu jadi gmna ini saya Dari Balikpapan hub saya klu Ada perkembangan 085652047095

    BalasHapus
  74. Makassar juga dah tutup. Saya bingung juga mau nyari dimana kantor ES sekarang. Jatah jam belajar saya masih banyak.

    BalasHapus
  75. Ms ara (manager pengajaran (EPU)) 081394083349 /087800068777
    Pak yosi (dirut) 08155748787
    Pak dewa (wakil dirut) 0811385979
    Pak budi hrd 081238268126
    Kantor bali 0361416127

    Facebook pemilik easy speak : bang yoz

    BalasHapus
  76. Ms ara (manager pengajaran (EPU)) 081394083349 /087800068777
    Pak yosi (dirut) 08155748787
    Pak dewa (wakil dirut) 0811385979
    Pak budi hrd 081238268126
    Kantor bali 0361416127

    Facebook pemilik easy speak : bang yoz

    BalasHapus
  77. wah sama juga ,, ane di lampung begitu juga baru dapet jatah 50jam tau2 nya gak buka2 lagi alesan nya lagi ada masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plis bagi id line lo, gw juga student ES lampung.

      Hapus
    2. Plis bagi id line lo, gw juga student ES lampung.

      Hapus
    3. bagi id line kalian dong saya juga student ES Lampung. line saya apridarinaldo

      Hapus
  78. Anak saya juga ikut kursus ES Balikpapan dan tau-taunya uda dapat kabar ditutup....udah bayar 10 juta lebih via transfer bank..mari teman-teman yang tertipu disini kita laporkan ke polisi penipuan ini dan semoga uang kita bisa di kembalikan....no hp 082157822282 rusly

    BalasHapus
  79. INGIN PRIVATE LES BAHASA INGGRIS?
    INGIN GURU BAHASA INGGRIS DATANG KE RUMAH?
    INGIN BELAJAR BAHASA INGGRIS DGN GURU BAHASA INGGRIS YG BERKUALITAS?
    INGIN CEPAT MAHIR BERBAHASA INGGRIS?

    HUBUNGI : 0812 6377 7654

    Guru berpengalaman mengajar di sekolah-sekolah International, Nasional Plus di Medan bersedia datang ke rumah untuk wilayah Medan dan sekitarnya.

    Guru berpengalaman mengajar di dalam dan luar negeri.

    Guru menguasai psikologi belajar mengajar dan sistem kerja otak sehingga belajar bahasa Inggris menjadi menarik dan menyenangkan.

    Waktu belajar : Pagi, Siang, Sore, atau Malam
    Belajar 2 x seminggu @ 60 menit
    Biaya Rp. 850.000,-/bulan di bayar di depan

    Juga melayani belajar jarak jauh dgn Telp Call.
    Bagi anda yg berada di luar kota Medan
    Waktu belajar : Pagi, Siang, Sore, atau Malam
    Belajar 2 x seminggu @ 60 menit
    Biaya Rp. 850.000,-/bulan di bayar di depan

    Hubungi :
    Cell Phone : 0812 6377 7654
    PIN BBM : 576DA2A4

    BalasHapus
  80. easy speak lampung juga begitu. kasusnya sama. laporin polisi aja ini berarti jalan terakhir nya !

    BalasHapus
  81. Saya juga ikut tertipu kayaknya dgn easy speak banjarmasin,padahal anak saya baru pertemuan yg ke 3 lho.tapi waktu itu pimpinannya mengatakan kalau mau pindah gedung tapi sampai sekarang belum ada kabar beritanya kapan mau buka lagi padahal janjinya nanti kalau sudah siap gedungnya bisa di hubungi kembali,ada usul dari saya bagaimana kalau kita laporkan aja ke kepolisian di tempat kita masing 2,karna kalau saya membaca dari sekian banyak siswanya hampir sama semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pa Sera Romeo, saya sangat setuju dengan usulan bapa,sy juga ikut kursus di easy speak,baru bbrp kali pertemuan,sy tinggal studi kejakarta, pulang dari studi easy speak sdh tutup,padahal sy bayar cash 10 jt,semoga ada jalank keluar yg terbaik, dan bukan sebagi penipu.

      Hapus
  82. Saya pernah terdaftar sebagai murid ES Bandung, memang untuk metode pengajaran saya sangat cocok juga dengan lingkungan belajarnya tidak ada masalah sangat nyaman bagi saya. Namun sangat mengecewakan tempat les bahasa inggris favourit saya ini seketika menjadi rumah kosong lenyap semua inventarisnya tidak tersisa yang saya temukan hanya rumah kosong, saya sudah mencoba menghubungi ke pihak ES namun sangat mengecewakan no hpyang biasa saya hubungi sudah tidak dapat dihubungi. Sekiranya jika ES adalah lembaga yang profesional seharusnya bertanggung jawab kepada siswanya untuk melaksanakan prestasi sesuai dengan kesepakatan awal.

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Minta saran donk tempat kursus mending English Center (enter) atau english Cafe Bandung?

    BalasHapus
  85. English Time Batam, English Learning Center Batam, Bimbel Bahasa Inggris Murah Batam, Bimbingan Belajar Inggris Murah Batam, Bimbel Bahasa Inggris yang Bagus, Usaha bimbingan belajar bahasa inggris, bimbel bahasa inggris terbaik di indonesia, bimbel bahasa inggris terbaik di batam, Better English Brighter Future,

    BalasHapus
  86. namanya jg org usaha, kekurgn dlm b. ing biasa, dia sdg blajar dri kekurangan

    BalasHapus
  87. Easy speak di bali pindah loh ke best english yg ada di Denpasar, itu temenku student easy speak di oper ke best english, dimana aku adalah salah satu student di best english dri tahun 2015, untungnya best english ini lumayan lah cara ngajarnya tpi gatau kedepannya semoga ngak main tutup kek easy speak:')

    BalasHapus
  88. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

    BalasHapus
  89. GRADES didirkan untuk melayani dan memberikan jasa kebersihan bagi masyarakat Bandung, adapun kami memfokuskan diri pada jasa kebersihan rumah, apartemen dan perkantoran. Grades sangat unik, bukan hanya sebagai cleaning service namun juga housekeeping, jasa kebersihan dengan standard setara hotel yang disesuaikan dengan standard Grades Home Cleaning. jasa bersih rumah bandung

    Tenaga kerja kami adalah tenaga yang terlatih dan Bersertifikat Cleaning Service, demikian pula dengan peralatan dan chemical yang kami gunakan sangat berkualitas dan ramah lingkungan.
    Layanan kami hadir secara menyeluruh sesuai dengan kebutuhan Anda mulai dari pembersihan dasar, furniture, sofa, dapur, kamar mandi. Semuanya kami lakukan secara menyeluruh agar Anda merasakan kenyamanan saat berada di rumah, apartemen atau kantor.


    BalasHapus
  90. teman saya juga tertipu sama easy speak Batam. udah bayar lunas tetapi easy speak hilang entah kemana. katanya pindah apartemen tapi semape sekarang 3 tahun tidak ada kabar pindah kemana. aku sarani sama teman saya buat telepon ke pusat atau gak lapor ke polisi. tetapi teman saya sudah pasrah dan tidak mau ngurus masalah easy speak. untungnya kemarin aku gak ikut daftar sama teman saya.

    BalasHapus
  91. jujur saya juga member student easy speak, saya daftarnya di Medan, tapi sekarang dihubungi tidak angkat angkat, mohon jangan menipu kami!

    BalasHapus
  92. Saya dulu tutor di easyspeak Samarinda dari Des 2012-Jan 2015, dua tahunan lebih dikit ya. Blog ini ditulis tahun 2011 dan saya yakin gak benar, soalnya di Samarinda teman2 tutor saya berkompeten semua, mereka lulusan PTN dan PTS terkemuka dan semua tutor professional dan tulus dalam mengajar. Kami disuruh mengajar 6 jam/6 klien sehari walaupun kadang bisa relax kalo ada klien yg cancel. Masalahnya, 6 bulan sebelum saya resign (Agustus 2014), gaji mulai telat2, uang bonus prestasi gak dibayar, dan akhirnya saya efektif keluar 15 Januari 2017. Untungnya semua hak2 gaji saya dipenuhi semua. Beberapa bulan setelah saya resign teman2 tutor saya juga resign berjamaah karena gaji mereka beberapa bulan terakhir gak dibayar. Terus saya buka google kayak gini. Saya sebagai mantan tutor easyspeak Samarinda gak tahu apa yang terjadi di manajemen. Yang jelas Insya Allah dua tahun saya mengajar saya berusaha professional, teman2 saya juga. Untuk semua klien easyspeak saya do'akan bisa dapat solusi, kami semua mantan tutor easyspeak juga merasa menjadi korban karena banyak hak2 kami tidak dipenuhi. Insya Allah Tuhan tidak diam saja, siapapun yang bermain dan profit dari hal ini akan dapat balasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maret 2016 ES Ud tutup semua kantornya.itu 2016 / 2017.ikhlaskan saja anggap saja shodaqoh.saya juga eks karyawan yg belum dibayar gaji saya 1 bulan full

      Hapus
  93. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

    BalasHapus

  94. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Arman biasa di panggil bpk Amman, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro +6282354640471 & 082354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang nya melalui jalan TOGEL dan PESUGIHAN DANA GHAIB TAMPA TUMBAL...
    dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya lagi susah di negri orang. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya, baiknya melalui jalan togel saja. Dan angka yang di berikan beneran tembus ,6D dan saya dapat RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran. alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rejekimu ini. walaupun ini hanya melalui togel..

    BalasHapus

  95. Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss !!!
    CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik

    Keunggulan Legenda QQ :
    - MINIMAL DEPO & WD 20.000
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24 JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI


    cukup kunjungi kami Legenda QQ
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24jam boss !!!
    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + website : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus
  96. baru saja saya di hubungi oleh english talk, dan saya diminta datang sore ini ke tempatnya di wisma kodel. namun saya cari-cari tau dulu mengenai tempat kursus tersebut dan menemukan tulisan ini, jadi mikir lagi untuk mendatangi tempat tersebut

    BalasHapus
  97. Pokermulia.NET |
    KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda dan mendapatkan jackpotnya ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 6 Permainan.
    • Ceme
    • Ceme Keliling
    • Capsa
    • Domino
    • Poker
    • Superten
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +85593842699
    • BB : D3F98F26
    • line : POKERMULIA
    Come & Join Us

    BalasHapus
  98. Sewa Kantor Bandung
    , sewa kantor bandung murah, sewa kantor di bandung, sewa kantor di bandung bulanan, sewa kantor kecil di kota bandung, sewa gedung kantor di bandung

    BalasHapus
  99. ini yang nulis siluman kali yak. habis nulis ngilang. semua komentar gak ditanggapin, tapi yang ditulisnya benar adanya. awalnya pada gak percaya, tapi beberapa tahun kemudian terbukti kebenarannya. pasti orangnya bisa meramal.

    BalasHapus
  100. Kantor n pusatnya yg diBali jln Cokroaminoto sudah tutup engga buka lg beberapa tahun lalu.

    BalasHapus
  101. Sudah 10 tahunan belum ada penyelesaian ya? Kalau ada yg berhasil mendapatkan pengembalian dana mohon di share

    BalasHapus
  102. The King Casino Hotel | Jamul Casino & Spa
    The King Casino Hotel is set 1 mile south of Jamul Casino, 1 MPRC 토토 Blvd, Jamul, Georgia. View bsjeon map. This casino offers https://deccasino.com/review/merit-casino/ a variety https://jancasino.com/review/merit-casino/ of gaming options including slots, casino-roll.com

    BalasHapus